Kulit Jadi Mulus, Ini 3 Nutrisi Penting Yang Ampuh Atasi Jerawat

Kulit Jadi Mulus, Ini 3 Nutrisi Penting Yang Ampuh Atasi Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling sering terjadi. Masalah kulit seperti ini bisa terjadi pada siapa saja, namun paling banyak di temukan pada orang-orang yang baru memasuki masa remaja atau pubertas. Kondisi ini bisa terjadi karena kelenjar yang ada pada kulit menghasilkan minyak berlebih dan terjadinya penyumbatan. Pori-pori pada kulit yang sudah tersumbat oleh kotoran,bakteri,dan sel kulit mati akan mengalami pembengkakan dan berubah menjadi jerawat.

Berbagai perawatan dan obat-obatanĀ  secara efektif dapat mengobati jerawat. Namun, terdapat juga beberapa nutrisi yang mampu mencegah dan mengobati jerawat.

Berikut ini ada beberapa nutrisi yang bisa kamu andalkan untuk mencegah dan mengobati jerawat.

1. Vitamin A

Vitamin A sangat berperan penting bagi fungsi kerja tubuh, mulai dari menjadi sistem kekebalan tubuh, komunikasi antar sel, penglihatan, reproduksi, kesehatan jantung, ginjal, dan paru-paru. Vitamin A juga di ketahui mampu melawan bakteri Propionibacterium acnes, bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Di kutip dari laporan Medical News Today, vitamin A memiliki peran seperti pengganggu bagi bakteri Propionibacterium acnes.

2. Vitamin D

Pada dasarnya, vitamin D berperan penting bagi tubuh untuk membantu penyerapan kalsium yang dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, vitamin D juga berperan melawan kuman dan menjaga komunikasi antar sel saraf dalam tubuh.

Tubuh bisa memproduksi vitamin D dengan sendirinya ketika kulit terpapar sinar ultraviolet dari sinar matahari. Tapi, beberapa makanan seperti ikan berlemak, keju, daging sapi, dan jamur juga bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin D tubuhmu.

Dalam sebuah studi di temukan fakta bahwa seseorang yang memiliki masalah kulit seperti jerawat memiliki tingkat vitamin D yang sedikit dalam tubuhnya ketimbang mereka yang tidak memiliki jerawat. Oleh karena itu, bisa di katakan jika seseorang yang kekurangan vitamin D dalam tubuhnya besar kemungkinan mudah mengalami masalah kulit berjerawat.

3. Seng

Seng adalah salah satu mineral yang berpengaruh pada berbagai fungsi seluler, seperti sintesis protein dan DNA, sistem imun, penyembuhan luka, aktivitas enzim, dan pembelahan sel. Seng ternyata juga bisa berpengaruh pada perkembangan jerawat.

Menurut sebuah studi yang meneliti kadar seng, vitamin A dan E dalam darah seseorang yang tidak dan memiliki masalah kulit berjerawat. Studi tersebut membuktikan bahwa tingkatan mineral dan vitamin jauh lebih sedikit pada darah orang yang memiliki jerawat.

Jadi, para peneliti menyimpulkan bahwa mineral dan vitamin tersebut sangat membantu mengatasi jerawat. Seng memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang baik untuk mengurangi jerawat. Selain itu, seng juga bisa mengurangi produksi minyak pada kulit.

Kamu bisa menemukan kandungan seng dalam makanan seperti tiram, lobster, kepiting, unggas, daging merah, produk susu, dan kacang-kacangan.

Nah, itulah 3 nutrisiĀ  yang mampu melawan dan mengobati jerawat.